Lomba Dokter Kecil Tingkat Sekolah Dasar se-Hargosari

admin s 21 November 2019 09:19:04 WIB

Hargosari (SIDA), Untuk memberikan pemahaman kesehatan sejak dini, Tim KKN PPM UGM di Desa Hargosari melakukan perlombaan dokter kecil pada tingkat Sekolah Dasar di Desa Hargosari. Sekolah Dasar yang terdapat di Desa Hargosari adalah SD Negeri Hargosari, SD Negeri Mentel 1, SD Negeri Mentel 2, dan SD Muhammadiyah Jrakah.  Lomba ini diikuti oleh 20 tim dari yang merupakan perwakilan dari  empat Sekolah Dasar di Desa Hargosari dengan masing-masing Sekolah mengirimkan 5 tim. Tim dibentuk dengan  beranggotakan 2 orang, yaitu kakak (kelas 1/2/3) dan adik (kelas 4/5/6). Format seperti ini diharapkan agar ada regenerasi Dokter Kecil ketika kakak sudah lulus.

Sebelum perlombaan Dokter Kecil dilaksanakan, setiap siswa/i yang berpotensi untuk mengikuti lomba dokter kecil masing-masing Sekolah Dasar dilakukan pelatihan pemahaman kesehatan dasar selama tiga minggu. Selama tiga minggu tersebut Tim KKN bekerjasama dengan guru menentukan siswa/i yang dapat lolos mengikuti dokter kecil dengan berpedoman pada hasil pretest, posttest, dan keaktifan siswa/i selama pelatihan berlangsung.

Lomba Dokter Kecil dilaksanakan pada tanggal 04 November 2019 yang bertempat di Ruang KKG SD Negeri Mentel 1. Pada pembukaan sekaligus sambutan lomba dokter kecil dilakukan oleh Kepala Sekolah SD Negeri Mentel 1, Mujiman, M.Pd. Pada sambutannya beliau mengatakan kepada para peserta untuk mengerjakan soal dengan serius dan memotivasi kepada peserta agar setelah lomba selesai dilaksanakan dapat tetap melakukan kiat-kiat kesehatan dasar yang telah disampaikan Tim KKN supaya tingkat kesehatan dan pengetahuan bagi siswa/i terus meningkat.

Format Lomba Dokter Kecil dibagi menjadi dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan terdiri dari soal individu, soal kelompok, dan praktek. Pada babak penyisihan diambil 6 tim terbaik untuk melaju ke babak final. Di babak final terdiri dari soal wajib, soal lemparan, dan soal rebutan. Lomba Dokter Kecil berlangsung sangat meriah dan siswa/i sangat antusias.

Pemenang pada perhelatan Lomba Dokter Kecil tahun ini, yaitu:

Juara 1:  SD Negeri Mentel 1 Tim A

Juara 2: SD Negeri Mentel 1 Tim D

Juara 3: SD Negeri Mentel 1 Tim B

Juara Harapan 1: SD Negeri Mentel 2 Tim C

Juara Harapan 2: SD Muhammadiyah Jrakah Tim B

Juara Harapan 3: SD Negeri Mentel 2 Tim B

Para pemenang dan peserta lomba Dokter Kecil ini dapat diharapkan menjadi contoh bagi siswa/i di sekolahnya masing-masing.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

JADWAL WAKTU SHOLAT


jadwal-sholat

SUBSCRIBE AND LIKE / SHARE Channel ini

Lokasi Hargosari

tampilkan dalam peta lebih besar